Deddy Corbuzier Dapet Pangkat Letkol Tituler


 

Bidik Perkara.Com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menyatakan pangkat Letkol Tituler Deddy Corbuzier diberikan langsung dari Kementerian Pertahanan (Kemhan).

“Itu kan dari Kemhan dan ditandatangani oleh Panglima TNI,” kata Dudung saat di konfirmasi wartawan di acara peresmian Rumah Layak Huni di Kalideres, Jakbar, Selasa (13/12).

“Itu dari Kemhan langsung, karena beliau kan dari Komcad,” imbuhnya.

Dudung mengonfirmasi sudah ada koordinasi kepadanya sebelum pemberian pangkat letkol tituler kepada Deddy Corbuzier. “Ya udah (koordinasi), betul,” kata Dudung.

Dia pun menjelaskan bahwa pangkat letkol tituler dapat diterima oleh siapa saja yang sudah berjasa kepada satuan angkatan tertentu.

“Banyak sih memang pemberian pangkat tituler itu, semua angkatan juga ada. Mereka yang selama ini pernah berjasa di angkatan itu. Seperti di AU itu ada pilot, misalnya dari pilot Garuda dikasih pangkat tituler letnan kolonel untuk menerbangkan pesawat. Jadi karena banyak berkontribusi kepada angkatan,” ujarnya.

Sebelumnya Laksamana Yudo Margono menyatakan soal pangkat Letkol Tituler Deddy Corbuzier itu mesti ditanyakan terlebih dulu ke Dudung karena usulan pangkat tersebut mestinya berawal dari kepala staf angkatan.

“Nanti kita tanyakan dulu, karena itu kan pengusulannya kan diawali dari kepala staf angkatan,” kata Yudo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Yudo mengatakan pemberian pangkat tersebut sudah disetujui oleh Dudung selaku Kepala Staf Angkatan Darat. Pemberian pangkat itu juga sudah diketahui oleh Panglima TNI.”Itu kan sudah disetujui dari KASAD kan, ada Panglima TNI, sudah, ya sudah, kan kewenangannya,” tutur Yudo.

Deddy Corbuzier diberi pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan Prabowo Subianto. Dia mengatakan pangkat tersebut disahkan juga oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pemberian pangkat Letnan Kolonel Tituler kepada Deddy Corbuzier (DC) karena kemampuannya dalam komunikasi di media sosial untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan.

“Deddy diberikan kepangkatan itu dengan pertimbangan kemampuan khusus yang dibutuhkan TNI, yakni kapasitas komunikasi di sosial media, kemampuan, dan ‘performance’ DC tersebut akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan dan sosialisasi tugas-tugas TNI dalam rangka menjaga pertahanan RI,” kata Dahnil.

Latest articles

Related articles